Publikasi

Detail Publikasi

MANFAAT BERENANG UNTUK KESEHATAN

Manfaat berenang tidak hanya didapat oleh atlet atau perenang profesional. Seluruh kelompok usia bisa mendapatkan manfaat dari olahraga yang satu ini, terutama jika dilakukan secara teratur

Berenang dapat meningkatkan stamina karena berhubungan dengan ketahanan sistem pernapasan, kardiovaskuler, serta peningkatan massa otot. Secara rinci, manfaat berenang yang bisa Anda dapatkan dari melakukannya secara rutin, yaitu :

1) Meningkatkan ketahanan sistem pernapasan dan kardiovaskuler
Sebuah studi menyimpulkan, dalam latihan yang dilakukan secara rutin selama 12 minggu, konsumsi oksigen naik hingga 10 persen dari partisipan pria dan wanita paruh baya. Selain itu, dampak peningkatan jumlah darah yang dipompa tiap kali jantung berdenyut mencapai 18 persen, yang berarti peningkatan kekuatan jantung

2) Membangun massa otot
Manfaat berenang juga dapat terlihat pada peningkatan massa otot trisep (sisi belakang lengan atas), hingga 25 persen pada sekelompok pria dalam sebuah studi. Hasil itu diperoleh setelah dilakukan program berenang selama 8 minggu

3) Membakar kalori
Sekitar 500-650 kalori akan dibakar sewaktu Anda berenang selama 1 jam, tergantung seberapa efisien aktivitas tersebut dilakukan

4) Membuat tubuh rileks
Berenang dapat menjadi sarana bagi tubuh dalam mendapatkan relaksasi. Selain itu, olah fisik ini disebut-sebut dapat membuat perasaan seseorang menjadi lebih tenang. Sebagaimana diklaim dalam sebuah penelitian, berenang dapat menjernihkan pikiran, mendorong pemikiran positif, serta rasa percaya diri.

Tips Sebelum dan Setelah Berenang :
Bagi pemula, olahraga berenang harus dilakukan secara perlahan-lahan. Pelajaran awal yang perlu dipahami adalah irama dari gerakan dan pernapasan. Waktu yang disarankan bagi pemula adalah melakukan sesi berenang sekitar 10 menit. Kemudian mulai perpanjang waktu latihan hingga 30 menit. Lakukan secara rutin sebanyak 3-5 kali per minggu.
Jika Anda belum merasa nyaman memasukkan wajah ke air, maka sebagai pemula, Anda dapat terlebih dahulu berlatih dengan merendam badan hingga bagian leher atau berjalan di kedalaman kolam yang lebih dangkal. Hal ini dianggap jauh lebih baik untuk membiasakan diri sebelum benar-benar berenang, dibandingkan langsung berenang dengan teknik yang tidak tepat. Yang juga harus diingat adalah selalu mengawali sesi latihan berenang dengan pemanasan dan mengakhirinya dengan pendinginan

Manfaat berenang akan dapat dirasakan jika dilakukan secara rutin. Jadwalkan secara khusus. Jika sudah mulai mengambil jadwal untuk latihan, berilah motivasi pada diri sendiri untuk terus berlatih. Apabila mulai merasa bosan, cobalah berenang bersama teman-teman atau keluarga, agar Anda kembali bersemangat

Berita Terkait

PENYEBAB INFEKSI SALURAN KENCING PADA WANITA

Infeksi saluran kencing atau ISK adalah infeksi bakteri yang menyerang daerah saluran kemih pada tubuh. Infeksi saluran kencing terjadi karena kuman masuk ke dalam saluran . . . . .

Read more

JENIS-JENIS ALAT KONTRASEPSI YANG BISA ANDA PILIH

Pada wanita yang aktif secara seksual, kehamilan pada tahun pertama dapat mencapai 90% jika tidak menggunakan KB alias alat kontrasepsi. Beberapa wanita menunda kehamilan untuk berbagai alasan, seperti . . . . .

Read more

Copyright
Prakata Direksi

"Semula Rumah Sakit di PT Perkebunan Nusantara X (Persero) merupakan unit penunjang, dalam perkembangannya menjadi unit usaha strategis dan dengan diberlakukannya UU RI no 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit, maka dibentuk anak perusahaan dengan nama PT Nusantara Medika Utama."